Kuis Pelajaran 4 Semangat Guru : Seri Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi
Pelajaran 4 Synchronous – Communication : Komunikasi Efektif
Kuis ini terdiri 15 butir pertanyaan. Setiap pertanyaan memperkenalkan Bapak dan Ibu ke kata kunci. Silakan jawab pertanyaan ini.
Dalam komunikasi terjadi pertukaran :
- A. ✅ Informasi
- B. Mata Uang
- C. Barang
- D. Jasa
Komunikasi efektif tercapai ketika :
- A. Adanya komunikasi verbal dan non verbal
- B. Komunikator mengenal lawan bicara
- C. Pesan disampaikan dengan jelas
- B. ✅ Pesan yang disampai dapat dimengerti oleh lawan bicara
Komunikasi efektif harus terjadi dalam dua arah yang berarti :
- A. Pemberi pesan seorang komunikator yang handal
- B. ✅ Pemberi pesan berbicara, mendengarkan dan mengerti lawan bicara
- C. Pemberi pesan memakai metode yang tepat
- D. Pemberi pesan menyampaikan komunikasi verbal dan non verbal
Tujuan mendengar lawan bicara adalah :
- A. Untuk dapat merespon dengan benar
- B. Untuk memenangkan argumen
- C. ✅ Untuk mengerti lawan bicara
- D. Untuk menguji pengetahuan lawan bicara
Ketika Ibu Sophia bertemu dengan orang tua siswa, ia tersenyum sambil menganggukkan kepala. Komunikasi yang diberikan Ibu Sophia kepada orang tua tersebut merupakan jenis komunikasi :
- A. Kesopanan
- B. ✅ Nonverbal
- C. Efektif
- D. Virtual
Faktor utama untuk memahami lawan bicara dalam komunikasi sehingga terciptanya sebuah hubungan yang baik adalah :
- A. Simpati
- B. Emosi
- C. ✅ Empati
- D. Strategi Komunikasi
Berikut ini adalah contoh komunikasi efektif, kecuali :
- A. Pesan diterima, dimengerti dan dipahami sesuai maksud komunikator
- B. Pesan yang disampaikan dipahami dan disetujui penerima, kemudian ditindaklanjuti dengan perbuatannya
- C. ✅ Pesan diterima sebagai bentuk penghormatan kepada sang komunikator, kemudian disebarluaskan
- D. Tidak ada hambatan berarti bagi penerima pesan untuk paham dan menindaklanjuti dengan perbuatan
Dalam komunikasi virtual, berikut ini yang dapat membantu terciptanya komunikasi yang efektif, kecuali :
- A. Mengerti emosi, kebutuhan dan situasi murid
- B. ✅ Teknologi komunikasi yang canggih
- C. Perencanaan yang matang
- D. Penulisan pesan yang personal
Dalam komunikasi efektif untuk membina hubungan yang baik berdasarkan teori non-violence communication (NVC), berikut ini pola pikir yang harus difokuskan :
- A. Menganalisa dan menentukan tingkat kesalahan seseorang orang lain
- B. ✅ Fokus untuk mengetahui kebutuhan kita dan orang lain
- C. Melakukan kritik yang membangun
- D. Memberikan saran yang sesuai dengan keadaan lawan bicara
Apa yang harus ditentukan di awal ketika ingin menyusun strategi komunikasi yang efektif di sekolah dalam konteks pembelajaran jarak jauh atau tatap muka?
- A. Penggunaan teknologi yang tepat
- B. ✅ Alasan dan tujuan komunikasi
- C. Pesan yang detail dan lengkap
- D. Lawan bicara
Manakah yang termasuk dalam pedoman dalam menulis komunikasi yang tepat, relevan dan berguna bagi siswa online?
- A. ✅ Bersikap jelas
- B. Pesan tidak sampai kepada pendengar
- C. Gaya komunikasi tidak berkesan
- D. Jalur komunikasi tidak jelas?
Berikut ini adalah pedoman yang dapat digunakan untuk membantu Anda menulis komunikasi yang tepat, relevan, dan berguna bagi siswa online Anda, kecuali :
- A. Pendek namun efektif
- B. Bersikap jelas
- C. ✅ Detail, lengkap dan tertata
- D. Sampaikan apa yang harus dicapai
Tujuan merencanakan kapan dan mengapa kita harus berkomunikasi dengan siswa online adalah :
- A. ✅ Cara untuk memastikan bahwa Anda dapat memberikan siswa Anda komunikasi yang bermakna, tepat waktu, dan konsisten
- B. Merencanakan terlebih dahulu seberapa sering Anda akan memposting pengumuman untuk kelas Anda
- C. Memahami orang lain sembari memahami diri sendiri lebih dalam
- D. Keterampilan yang perlu dikembangkan dan diasah
Pesan Anda kepada siswa tidak hanya harus singkat, tetapi juga jelas hingga tidak menimbulkan kebingungan di pihak siswa merupakan definisi dari :
- A. Bersikap jelas
- B. ✅ Pendek namun efektif
- C. Jelaskan jalur komunikasi yang tepat
- D. Sampaikan apa yang harus dicapai
Hal apa yang tidak dapat dimaksimalkan dalam komunikasi virtual yang efektif?
- A. Penggunaan tulisan
- B. Gambar
- C. Media online
- D. ✅ Penggunaan bahasa tubuh