- Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif yang menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.
- Kondisi yang tidak diharapkan di sekolah inklusif yang menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.
- Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif yang menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah tidak harus berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.
- Kondisi yang diharapkan di sekolah inklusif yang mengharuskan adanya persamaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.
- Kondisi
nyata yang ada di sekolah inklusif tidak menerima perbedaan peserta
didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah
berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.
Soal 2
Penataan ruang kelas harus memungkinkan anak untuk bergerak, berinteraksi, berdiskusi, dapat mengakses alat bahan secara mandiri sesuai dengan kebutuhannya. Hal tersebut merupakan prinsip penataan ruang inklusif, yaitu…
- prinsip daya guna
- prinsip berpusat pada anak (Child Centered)
- prinsip estetis
- prinsip menarik dan menantang
- prinsip learning centers (pembagian Zona)
Soal 3
Pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas secara umum sama dengan
kegiatan proses belajar mengajar pada kelas reguler. Selain terdapat
peserta didik reguler terdapat pula Peserta Didik Berkebutuhan Khusus
(PDBK). Di samping menerapkan prinsip-prinsip umum dalam mengelola
proses belajar mengajar, guru harus memperhatikan prinsip-prinsip khusus
yang sesuai dengan kebutuhan PDBK. Pernyataan tersebut merupakan
definisi penempatan peserta didik berkebutuhan khusus di…
- kelas reguler (inklusi penuh)
- kelas reguler dengan cluster
- kelas khusus penuh
- kelas reguler dengan cluster dan pull out
- kelas khusus dengan berbagai pengintegrasian
Soal 4
Kegiatan yang dilakukan setelah mengidentifikasi peserta didik sebagai dasar untuk membuat program disebut kegiatan….
- asesmen
- klasifikasi
- identifikasi
- monitoring
- diagnosa
Soal 5
Peserta didik yang menunjukkan perilaku unik dan asyik dengan dirinya sendiri, tidak memiliki minat untuk bekerjasama dengan teman-temannya, enggan berkomunikasi untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Karakteristik tersebut lebih tepat menggambarkan ciri perilaku PDBK, dengan jenis hambatan …
- Tunanetra
- Tunadaksa
- Tunagrahita
- Tunarungu
- Spektrum Autisme
Soal 6
Alat identifikasi diperlukan untuk menentukan aspek apa saja yang menjadi fokus perhatian ketika melakukan proses identifikasi. Di antara aspek yang penting untuk digali saat identifikasi anak yang memerlukan layanan pendidikan khusus adalah….
- riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil kesehatan anak.
- riwayat perkembangan anak; informasi atau data kesehatan orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.
- riwayat kesehatan anak: informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi kemampuan anak.
- riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.
- riwayat kesehatan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.
Soal 7
Guru di sekolah inklusif yang memiliki peserta didik berkebutuhan dengan hambatan pendengaran, harus memberikan layanan kebutuhan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan dasar, berupa .
- kemampuan berperilaku adaptif
- kemampuan berbahasa dan berkomunikasi
- kestabilan emosi
- kemampuan Activity Dailly Living
- kemampuan mobilitas
Soal 8
Kemampuan pengetahuan tentang berbagai jenis dan tingkat kelainan anak, diantaranya adalah kelainan fisik, mental, intelektual, sosial dan emosi. Diperlukan oleh guru untuk….
- Menganalisa peserta didik
- Mengasesmen peserta didik
- Mengidentifikasi peserta didik
- Mendiagnosa peserta didik
Soal 9
Kemampuan pengetahuan tentang berbagai jenis dan tingkat kelainan anak, diantaranya adalah kelainan fisik, mental, intelektual, sosial dan emosi. Diperlukan oleh guru untuk ….
- memberikan label terhadap peserta didik
- menganalisis peserta didik
- mendiagnosa peserta didik
- mengasesmen peserta didik
- mengidentifikasi peserta didik
Soal 10
Salah satu tujuan planning matrix adalah …
- membuat program bagi peserta didik berkebutuhan khusus
- mengetahui perbedaan karakteristik peserta didik
- memetakan kondisi aktual PDBK
- menemukenali dan menandai peserta didik.
- mencari perbedaan-perbedaan yang signifikan di antara peserta didik berkebutuhan khusus.
Soal 11
Penggantian kurikulum karena tidak mungkin dilakukan oleh siswa berkebutuhan pendidikan khusus, pengembangan kurikulum model adaptasi seperti ini adalah….
- duplikasi
- substitusi
- eskalasi
- modifikasi
- omisi
Soal 12
Di bawah ini informasi berharga yang didapat dengan adanya keterlibatan orangtua dalam penyusunan PPI, yaitu …
- preferensi, kekuatan dan pendekatan yang tepat bagi peserta didik
- lingkungan rumah dan keluarga dimana peserta didik tinggal
- riwayat tumbuh kembang
- dukungan dan hambatan peserta didik
- hambatan, ketidakmampuan dan masalah pada peserta didik
Soal 13
Modifikasi kurikulum yang mengacu langsung pada standar kompetensi lulusan (SKL), kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD) dan indikator adalah….
- materi
- tujuan
- media pembelajaran
- proses
- evaluasi
Soal 14
Dalam pembelajaran di kelas, guru melibatkan anak berkebutuhan khusus untuk terlibat secara aktif dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan kemampuan dan minat anak berkebutuhan khusus. Sifat kegiatan ini adalah lebih tepat menggambarkan konsep …
- to Learn
- to Work
- to Love
- to live
- to Play
Soal 15
Pendidikan yang tidak sekedar memindahkan atau menempatkan penyandang disabilitas di sekolah regular, tetapi anak berkebutuhan khusus harus diterima di sekolah tanpa syarat dan program sekolah harus menyesuaikan kebutuhan anak merupakan pengertian dari pendidikan…
- Integrasi
- Segregasi
- Inklusif
- Khusus
- Reguler
Soal 16
Salah satu tujuan dilakukannya identifikasi di kelas adalah sebagai proses penjaringan/skrining. Yang dimaksud penjaringan dalam konteks ini adalah…
- mengkomunikasikan kebutuhan khusus anak kepada orangtua
- mengkonsultasikan anak kepada tenaga ahli yang profesional.
- menentukan apakah program pembelajaran yang diberikan sudah tepat.
- menandai anak-anak mana yang menunjukkan gejala-gajala tertentu.
- mengembalikan anak ke kelas untuk mendapatkan layanan pendidikan khusus.
Soal 17
Keterbatasan atau kurangnya kemampuan (yang dihasilkan dari impairment) untuk menampilkan aktivitas sesuai dengan aturannya atau masih dalam batas normal, biasanya digunakan dalam level individu. Pernyataan ini lebih menggambarkan makna dari …
- Impairment
- Under Actuality
- Disability
- Handicapped
- Under Achievment
Soal 18
Manakah pernyataan di bawah ini yang paling tepat untuk menggambarkan makna identifikasi?
- Guru membuat program bagi peserta didik berkebutuhan khusus.
- Guru memberikan perlakuan berbeda terhadap peserta didik yang mengalami perbedaan dengan peserta didik lainnya.
- Guru mengetahui karakter peserta didik berkebutuhan khusus.
- Guru mulai merasakan ada yang berbeda dari salah satu peserta didik yang ada di sekolah atau di kelasnya.
- Guru mengetahui kelemahan dan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus.
Soal 19
Sebuah desain harus dapat mengakomodir beragam pilihan kenyamanan dan kebutuhan dalam penggunaannya. Hal tersebut merupakan prinsip desain universal pengembangan aksesibilitas sarana dan prasarana dalam layanan Pendidikan inklusif yang ramah anak, yaitu…
- prinsip toleransi untuk kesalahan
- prinsip informasi penggunaan yang jelas
- prinsip mudah digunakan
- prinsip fleksibel dalam penggunaannya
- prinsip dapat digunakan oleh semua orang
Soal 20
Proses menemukenali peserta didik sebelum yang bersangkutan mengikuti pembelajaran. Merupakan pengertian dari…
- screening
- identifikasi
- asesmen
- referral
- klasifikasi
Soal 21
Alat identifikasi diperlukan untuk menentukan aspek apa saja yang menjadi fokus perhatian ketika melakukan proses identikasi. Di antara aspek yang penting untuk digali saat identifikasi anak yang memerlukan layanan pendidikan khusus adalah:
- riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil kesehatan anak.
- riwayat kesehatan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.
- riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.
- riwayat perkembangan anak; informasi atau data kesehatan orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.
- Riwayat kesehatan anak: informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi kemampuan anak.
Soal 22
Manakah pernyataan di bawah ini yang paling tepat untuk menggambarkan makna identifikasi?
- Guru memberikan perlakuan berbeda terhadap peserta didik yang mengalami perbedaan dengan peserta didik lainnya.
- Guru membuat program bagi peserta didik berkebutuhan khusus.
- Guru mengetahui kelemahan dan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus.
- Guru mulai merasakan ada yang berbeda dari salah satu peserta didik yang ada di sekolah atau di kelasnya.
- Guru mengetahui karakter peserta didik berkebutuhan khusus.
Soal 23
Kegiatan mengenal atau menandai sesuatu yang masih bersifat gambaran umum/kasar, disebut kegiatan….
- asesmen
- identifikasi
- diagnose
- klasifikasi
- monitoring
Soal 24
Orangtua Fina memiliki latar belakang pendidikan terbatas sehingga ketika diskusi dengan guru banyak hal-hal yang membingungkan mereka. Kondisi tersebut merupakan salah satu hambatan keterlibatan orangtua dalam penyusunan PPI, yaitu …
- keterbatasan logistik
- masalah komunikasi dan memahami istilah-istilah pendidikan
- kurangnya pemahaman terhadap budaya orangtua
- keterbatasan latar belakang pendidikan
- perkembangan bahasa
Soal 25
PDBK yang tidak mampu beradaptasi di kelas regular karena kemampuan intelektualnya, dapat digunakan program….
- Program Pembelajaran Individual (PPI)
- pembelajaran remedial
- pembelajaran berkelompok
- pembelajaran fleksibel
- pembelajaran home schooling